Migas

Bulan Juni, Pemerintah Putuskan BBM Subsidi Naik

Redaksi | Kamis, 23 Mei 2013 - 21:38:33 WIB | dibaca: 300 pembaca

(foto: antara)

KE-Pemerintah menjadwalkan keputusan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jatuh pada bulan Juni 2013 yang akan datang. Hal tersebut diungkapkan Menteri Keuangan Chatib Basri, di Gedung DPR, Rabu (22/5/2013)    
 
“Tanggal kepastiannya menjadi hak prerogatif Presiden,” ungkap Chatib. 
 
Kenaikan harga BBM bersubsidi diantaranya, harga premium naik Rp 2.000, dari Rp 4.500/liter menjadi Rp 6.000/liter. Demikian dengan harga solar yang mengalami kenaikan Rp 1.000 dari Rp 4.500/lliter, menjadi Rp 5.500/liter.          
 
Meskipun rencana kenaikan harga BBM bersubsidi akan terealisasi, namun Chatib mengakui  volume kuota BBM akan tetap direvisi dari 46 juta kilo liter (kl) menjadi 48 juta kl.
 
Chatib mengklaim, rencana kenaikan harga BBM bersubsidi akan diterapkan agar subsidi energi tidak menggurangi anggaran. Hampir dipastikan subsidi BBM mencapai Rp 200 triliun pertahun.        
 
Apabila harga BBM subsidi tidak naik, lanjut Chatib, maka efeknya akan berdampak pada fiskal. Hal itu dapat membuat tekanan defisit serta pembiayaan naik. Pemerintah kini mengubah target defisit keuangan negara dari 1,65 persen menjadi 2,48 persen. 
 
Sebelumnya, pemerintah memprediksi angka defisit naik pada level 3,83 persen. Asumsi tersebut merupakan defisit tertinggi jika kondisi global semakin memburuk dan berimbas ke perekonomian nasional. Akan tetapi yang terjadi justru sebaliknya, defisit keuangan negara hanya mampu mencapai 1,65 %.   
 
Sebagai informasi, hingga saat ini pemerintah masih menunggu persetujuan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Perubahan Perubahan 2013 kepada DPR. Di antara pokok pembahasan yaitu pengesahan anggaran kompensasi kenaikan harga BBM bersubsidi untuk rakyat miskin. Berdasarkan jadwal, realisasi kenaikan harga BBM akan dilaksanakan pada bulan Juni 2013.
 
Teks: Wandes Monang Pardede/Smc










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)